Bapak dan Ibu Negara Mengunjungi Kampung Huta Siallagan

Pak Jokowi tiba di lokasi Batu Persidangan di Kampung Huta Siallagan, Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Samosir, Sumut, Rabu (31/7/2019) pukul 08.15 WIB. Ketibaan Bapak dan Ibu Negara Iriana disambut secara adat.

Pak Jokowi dipasangkan kain ulos oleh tetua adat setempat. Keduanya juga disambut dengan lemparan beberapa butir beras ke atas dan salam ‘horas’.

Selanjutnya, Bapak Jokowi yang Terhormat dijelaskan mengenai Kampung Adat Persidangan Huta Siallagan oleh Gading Jhansen Siallagan. Pria ini juga merupakan Raja Siallagan ke-17 dan Ketua Pemandu Wisata di Kabupaten Samosir.

Pak Jhansen menjelaskan bahwa Raja Siallagan terdahulu telah menjalankan sistem peradilan di lokasi tersebut. Ciri dari hukum Kerajaan Siallagan ini adalah hukuman pasung dan pancung.

Bapak Negara langsung ditunjukkan lokasi Raja Siallagan bersidang yang ada di bawah pohon rindang. Di sana terdapat beberapa kursi yang terbuat dari batu. Kursi untuk Raja Siallagan berbeda sendiri. Di samping kursi raja terdapat kursi untuk para penasihat dan dukun. Di depannya terdapat kursi untuk terdakwa.

Lokasi ini banyak dikunjungi oleh para turis local maupun mancanegara. Kebanyakan wisatawan datang ke sini hanya untuk mencari satu berita yaitu apakah semua orang Batak itu merupakan pengacara? Tahukah Anda mengapa timbul pertanyaan seperti itu? Karena di lokasi itu mempunyai batu dan nama batu tersebut adalah Batu Bersidang, dijelaskan oleh Bapak Jhansen.  

Setelah Bapak Jhansen menceritakan tentang Batu Bersidang kepada Bapak Jokowi dan Ibu Iriana, mereka langsung menghampiri lokasi tersebut dan di akhir kunjungan, sebelum Bapak dan Ibu Negara berkunjung ke tempat lain, tak lupa Pak Jokowi sempat menyapa warga sekitar dan membagikan buku dan alat – alat tulis kepada anak – anak yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *