Istana Raja Sisingamangaraja di Bakkara

Mungkin ada dari kalian kalau dengar kata “area sakral” pasti kalian sudah mengerti jika kalian mengunjungi ke tempat tersebut.

Mungkin sebagian besar orang ada yang tau “Istana Raja Sisimangaraja di Bakkara” dan ada orang yang tidak pernah dengar sama sekali. Jika kalian berkunjung ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, jangan lupa sesekali berwisata ke Istana Raja Sisingamangaraja di Bakkara.

Istana tersebut berjarak sekitar 14 km dari Dolok Sanggul, yang dapat ditempuh sekitar 30 menit. Para pengunjung tidak dipungut biaya apapun untuk masuk ke istana ini. Tetapi, Anda harus menjaga kebersihan dan sopan santun saat berada di kompleks istana. Di istana ini ada makam Raja Sisingamangaraja X yang terpisah dari makam Raja Sisingamangaraja lainnya. Jika kalian ingin berziarah, kalian harus melepas alas kaki kalian ya.

Istana tersebut terlihat sangat terawat. Warna dan ornament Batak (Gorga) masih terlihat dalalm kondisi baik. Tulisan aksara Batak, lambang Sisingamangaraja dan stempel Sisingamangaraja juga dipajang di kompleks makam.

Pemerintah Indonesia juga sudah menetapkan area sakral ini sebagai cagar budaya. Kisah Raja Sisingamangaraja menarik untuk dibahas. Raja Sisingamangaraja XII tidak dimakamkan di Bakkara, tetapi ia dimakamkan di Soposurung Balige pada tahun 1953. Beliau merupakan salah satu pejuang dai Tanah Batak yang melawan Belanda dan ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional pada 9 November 1961 berdasarkan SK Presiden RI No. 590/1961.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *